KERANGKA KERJA DAN PARADIGMA INTERAKSI
.1.KERANGKA KERJA DAN PARADIGMA INTERAKSI
Kerangka kerja pada
dasarnya adalah sebuah struktur yang digunakan untuk mengonseptualisasikan
suatu system.Dengan kerangka yang tepat,perancang dapat mengonseptualisasikan
ruang persoalan secara menyeluruhdan tidak hanya sekedar hasil pencampuran
komponen-komponen terpisah meskipun secara bersamaan ada kemugkinan mereka juga
mampu menciptakan suatu ruang kerja.
1.
Siklus
Tindakan Eksekusi/Evaluasi
Suatu
konsep penyusunan tindakan-tindakan yaitu:
1.
Goal:
kejadian yang diinginkan pengguna
2.
Eksekusi:
melakukan eksekusi atas suatu tindakan dalam dunia nyata.
3.
Dunia
nyata: tempat dimana pengguna dapat mengeksekusi suatu tindakan dengan
memanipulasi obyek.
4.
Evaluasi:
validasi pengguna atas suatu tindakan dan membandingkan dengan goal yang
ditetapkan sebelumnya.
2.
Kerangka
Kerja Interaksi.
Kerangka kerja
interaksi terdiri atas empat komponen utama.
a.
System
(S) menggunakan bahasa mesin atau atribut komputasi yang menunjukan status
system.
b.
Pengguna
(P) menggunakan bahasa tugas atau atribut psikologis yang menunjukan status
pengguna.
c.
Masukan
(M) menggunakan bahasa masukan.
d.
Keluaran
(K) menggunakan bahasa keluaran.
e.
22.MENGATASI KOMPELKSITAS
Jika perancang ingin membangun system yang mudah
digunakan,perancang harus memahami bagaimana pengguna melihat dunia nyata
menggunakan kacamata pengguna,sehingga perancang benar-benar memahami apa yang
dirasakan pengguna
ketika meraka menggunakan program rancangan.Untuk melakukan hal ini
perancang harus memahami bagaimana manusia mengatasi kompleksitas suatu
lingkungan kerja yang kompleks secara teknis.
a.
Model
mental
Model mental
menciptakan kerangka kerja yang memungkinkan pengguna untuk melakukan suatu
pekerjaan.Jika model mental pengguna cukup dekat dengan cara bekerjanya system
maka pengguna dapat menggunakan system
tersebut tanpa mengalami kesulitan yang berarti.Model mental bersifat
tindakan ilmiah,tidak lengkap,tidak stabil,tidak konsisten,personal.
b.
Pemetaan
Konsep pemetaan
menjelaskan tentang bagaimana pengguna menghubungkan satu benda dengan benda
lain.Pemetaan merupakan satu bagian integral dari cara orang berinteraksi
dengan lingkungannya.Pemetaan yang benar akan membantu menyelesaikan suatu
tugas dengan mudah.Pemetaan yang salah akan menyebabkan frutasi dan kegagalan.
c.
Jara Semantik dan Artikulatori
Ketika pengguna
berinteraksi dengan seluruh peranti atau sebuah sytem,pengguna akan mencoba
untuk mempertemukan apa yang pengguna inginkan dengan apa yang sesungguhnya
dilakukan oleh piranti yang bersangkutan.Untuk melakukan hal ini pengguna harus
mengartikan berbagai simbol dan komponen yang menyusun system tersebut.
d.
Affordance
Affordance
dibuat setiap saat,termasuk dalam dunia computer.Sebagai contoh,permukaan layar
tampilan tidak hanya penting untuk menginterpretasikan tindakan pengguna,tetapi
juga penting bagi pengguna untuk memahami prilaku antarmuka.
23.PARADIGMA INTERAKSI
Terdapat tiga paradigma dominan dalam perancangan konseptual dan
visual suatu antar muka berpusat pada implementasi (BPI),metaforik,dan
idiomatic.
1.
Antarmuka
Berpusat Pada Implementasi
Antarmuka BPI
sangat banyak dijumpai di kalangan industri komputer.Antarmuka ini
diekspresikan dalam bentuk atau cara dibentuk.Tingkat keberhasilan
penggunaannya
bergantung kepada seberapa jauh pengguna memahami bekerjanya program.Perancangan
antarmuka BPI mengharuskan untuk secara eksklusif berfokus pada model
implementasinya.contohnya roda gigi,dan katub didalam sebuah mesin.
2.
Antarmuka
Metaforik.
Antarmuka
metaforik bergantung pada hubungan intuitif yang dibuat pengguna pada saat
mereka melihat symbol visual dari suatu komponen antarmuka dengan fungsinya.Contohnya
ikon berkas.
3.
Antarmuka
Idiomatik
Perancangannya
didasarkan pada cara pengguna belajar sesuatu dan menggunakan sebagai idiom.
Contohnya polisi tidur,jago merah,atau rintangan tangan . Antarmuka idiomatik
memecahkan persoalan yang dimiliki oleh kedua paradigma diatas dengan tidak
berfokus pada pengetahuan teknis atau instuisi tentang bagaimana suatu benda
berfungsi.
Komentar
Posting Komentar